Peluang dan Tantangan Pengembangan Kendaraan Listrik Cerdas di Indonesia, Kemana F「The foreign baccarat master's play style」okusnya?

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Indonesia membagi taruhan

Oleh: Galih Nugraha Nurkahfi, M.T, Kadek Heri Sanjaya, Ph.D. Arief Suryadi Satyawan, M.T., D.Eng.

Namun jauh sebeThe foThe foThe foreign baccarat master's play stylereign baccarat master's play stylereign baccarat master's play stylelum tahun 2012, ternyata kendaraan listrik sudah dikembangkan, oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI).

Banyak orang yang mengira, bahwa kendaraan listrik pertama di Indonesia ada pada tahun 2012 pada zaman pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono(SBY) dan diprakarsai oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Tentu ada juga kondisi lain yang melandasi timbulnya tren ini, yaitu semakin murahnya biaya produksi kendaraan listrik, isu kelestarian lingkungan, dan adanya dukungan infrastruktur stasiun pengisian listrik di beragam tempat.

Baca juga: Apakah Mobil Listrik Lebih Baik untuk Bumi? Ini Faktanya

Pada event KTT APEC di Bali pada tahun 2013, ada beberapa mobil karya anak bangsa yang dipamerkan.

Tentu saja kemunculannya diharapkan bisa menginspirasi munculnya produk-produk sejenis di Indonesia.

Lalu bagaimana dengan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia?

Sehingga, setelahnya beragam perusahaan otomotif dari berbagai negara mulai mengembangkan produk kendaraan listriknya sendiri.

Baca juga: Dampak Penemuan Listrik bagi Kehidupan Manusia

Di tahun-tahun sesudahnya, beragam lembaga litbang dan lembaga Pendidikan tinggi turut serta mengembangkan beragam varian kendaraan listrik, baik yang murni kendaraan listrik, ataupun hybrid yang sampai saat ini, hanya sedikit yang bisa masuk ke pasaran, dan Gesits ITS adalah salah satunya.

Ada kendaraan listrik Selo buatan Ricky Elson,Tuxuci yang buatan Danet Suryatama, serta kendaraan listrik yang dibuat oleh Dasep Ahmadi.

Sayangnya, pada waktu itu Marlip baru sempat dipasarkan untuk kalangan tertentu saja, dan setelahnya produksi Marlip terhenti. karena permasalahan di badan usahanya.

Kendaraan listrik mulai muncul pada awal tahun 1800an, namun tidak pernah mendapatkan kembali perhatian yang benar-benar besar sampai pada saat Elon Musk, dengan perusahaan Tesla-nya meproduksi “Tesla Roadster” pada tahun 2008 dan berhasil memicu suatu trend kendaraan listrik di dunia.

Walaupun baru belakangan ini menarik perhatian masyarakat, kendaraan listrik memiliki perjalanan sejarah yang panjang.

Pada 2001, seorang peneliti di LIPI, Ir. Masrah berhasil membuat prototipe kendaraan listrik yang kemudian disebut Marlip (Marmut Listrik LIPI).

Selanjutnya beragam tipe Marlip berhasil diproduksi dan masuk ke pasaran: mobil wisata, city car, mobil patroli polisi, dan juga mobil golf.